Belajar Python - Pengenalan [Bagian 1]

Belajar Python - Pengenalan [Bagian 1]

 
Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu komputer dan teknologi informasi sangat diminati oleh banyak orang agar bisa mengimbangi era globalisasi. Yang jelas, agar tidak tertinggal oleh pesatnya perkembangan teknologi tentunya harus belajar, mau nggak mau. Dalam artian kita sudah ada dalam globalisasi tersebut dan menjadi bagiannya, dengan kata lain kita juga merupakan salah satu proses untuk mempercepat globalisasi itu sendiri.
 
Pemrograman merupakan salah satunya, dan coding adalah suatu aktivitas pembuatan atau penyusunan sebuah kode. Code itu berupa bahasa yang digunakan untuk memerintah dan dimengerti oleh ‘perangkat’ agar berjalan sesuai apa yang ditulis, itu lah bahasa pemrograman.
 
Sejak era 90an hingga sekarang, banyak sekali bahasa pemrograman yang telah diciptakan, diantaranya dan yang paling umum adalah ; HTML, CSS, python, C++, JavaScript, PHP, dll. Nah, disini akan dibahas mengenai python language (.py).
  
Kenapa harus python?
 
Bisa dibilang, python merupakan bahasa pemrograman yang simpel, mudah dan efisien dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Cukup menuliskan kode print(“Hello World!”) kita sudah bisa mendapat output, hal semacam ini yang menjadikan python merupakan bahasa pemrograman yang cocok bagi pemula sebelum naik ke dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain
 
 
Dirasa juga, kode python ini juga mengedepankan kejelasan setiap kode yang ada di dalamnya, artinya setiap kodenya memungkinkan untuk dibaca, semisal int = integer. Masih jelas dan 'bermakna', sehingga kita masih bisa memahami dan membaca apa yang kita tulis.
 
  • Pengenalan perintah print("x")
Perintah dasar dari python adalah print, dengan perintah itu kita bisa menghasilkan banyak output. Sekarang kita coba dengan yang paling umum: 
 
1
print("Hello World!")
 

Ada beberapa cara atau versi dalam menuliskan print, diantaranya :
 
1
2
3
4
5
6
7
p1 = "Hello World!"
p2 = "Saya sedang belajar python"
p3 = "Ini sangat mudah dan praktis"
 
p = (p1, p2, p3)
 
print(p)
 
 
Kita bisa bilang bahwa kode diatas merupakan cerminan matematis, yang mana p1, p2, p3 merupakan sebuah variable, anggap saja nilai yang diketahui dan p adalah soal yang ditanyakan. Maka, untuk mencari nilai p dibutuhkan rumus. Misal, rumusnya adalah p = (p1 + p2 + p3). Nah, karena kita sudah mengetahui rumus berserta nilai dari setiap variable, tinggal kita print nilai p.
 
Ada juga cara lain untuk menggunakan perintah print :
 
1
2
3
4
5
6
# tanda petik dua (") bisa diganti dengan petik (')
 
print("""Hello World!.
Saya masih mau belajar python.
Karena asyiik bangett!.
Contohnya ya seperti ini.""")
 

Itu tadi sedikit singgungan mengenai pengenalan python, have a nice code!.