Cara Menjalankan File Python

Cara Menjalankan File Python

Sekarang ini, banyak orang yang ingin tahu lebih dalam lagi mengenai bahasa pemrograman. Tidak hanya membacanya dari buku atau e-book, melainkan dipraktikan langsung dengan penulisan kode, baik kode itu dibuat dengan iseng-iseng atau mengambilnya langsung dari internet. Namun, masalah awal bagi seorang yang awam atau pun pemula pasti berawal dari sebuah pertanyaan “Bagaimana cara menjalankan kode ini?”.

Manusia selalu senang, gembira bila apa yang dia lakukan memiliki hasil, tidak peduli seberapa besar, yang penting berhasil. Disini saya hanya memberi semangat dan harapan yang tinggi buat anda yang sedang belajar pemrograman, biar nggak gampang bosen.
 
Sebelum kita mengetahui cara membuka file dengan ekstensi python (.py), pastikan bahwa perangkat anda sudah terinstal python. Bagaimana cara melihatnya?, ini caranya :
 
Bila anda menggunakan linux, buka terminal anda. Bila menggunakan windows tekan Windows+R > ketik cmd (command prompt). Bila anda sudah berada di terminal atau cmd, ketikan python --version, atau python3 --version.
 
Cek versi python
 
Sesuai dengan kode yang telah ditulis, python --version menampilkan versi python dibawah python 3, sedangkan python3 --version menampilkan versi python diatas python 3. Bila muncul output seperti di atas, sudah ada versi python yang telah terinstal.

Untuk lebih meyakinkannya lagi, ketikan perintah python di terminal / cmd. Bila muncul seperti gambar dibawah berarti python anda benar-benar terinstal. 
 
Python shell
 
Untuk keluar dari 'python', ketik perintah quit(). Karena syarat utama sudah terpenuhi, kita langsung saja menuju cara untuk membuka file python.  
 
Hal yang harus anda perhatikan adalah, dimana anda menyimpan file python tersebut. Misalnya, saya menyimpan file python saya di Document dengan nama file, “py”.
 
Directory dan perintah cd
Berpindah directory dan fungsi list
 
Dengan demikian, saya memiliki alur untuk mencapai source file code saya, diantaranya; saya harus mengakses / masuk kedalam directory Document, lalu diteruskan kedalam sub-directory yang bernama "py", setelah itu baru bisa mengakses file python. 
 
Maka, kita harus menulis perintahnya dengan menggunakan :
  • cd = change directory, kita bisa berpindah directory dengan ini.
  • ls = list, menampilkan data yang ada dalam suatu directory. 
Atau, kita bisa langsung menggabungkan kodenya menjadi satu, dengan cara :
 
$ cd Example/ex/
# atau
$ cd Documents/py/    
# tergantung anda meletakannya.

 
Disini, saya sedikit menambahkan kosa-kata atau bahasayang sering digunakan dalam IT. Seperti directory, untuk seorang pemula atau awan, istilah directory merujuk pada "folder" yang menampung sebagian hingga seluruh data kita, singkatanya adalah dir.

Dengan demikian, bisa dibilang bahwa Documents/ merupakan sebuah directory, dan py/ merupakan sub-directory (percabangan) dari Documents/.

Pada akhirnya, kita telah berada di letak yang kita inginkan, Documents/py/. Jadi, sekarang tinggal dieksekusi aja. 
 
$ python example.py
 
Lebih jelasnya :
 
 
Sebagai pengingat, perintah python sebelum "nama file" harus ditulis. Bila masih bingung dengan penjelasan di atas, bisa dilihat pada vidio berikut :
 
 
Demikian sedikit penjelasan dan cara untuk menjalankan file python, have a nice code!.
 
# Rangkuman

$ cd dir/example
$ python example.py